Venezuela (Benua Amerika Selatan)

venezuela-daftarnegaradidunia-01

Venezuela adalah sebuah negara di ujung utara Amerika Selatan. Negara ini berbatasan dengan Laut Karibia dan Samudra Atlantik di sebelah utara, Guyana di timur, Brasil di selatan, dan Kolombia di barat. Di lepas pantai Venezuela juga terdapat negara-negara Karibia, yaitu Aruba, Antillen Belanda dan Trinidad dan Tobago.

Venezula terletak di ujung utara benua Amerika Selatan. Relief yang menakjubkan yaitu pegunungan Andes, Cordillera de la Costa dan Guyana Shield, sistem Coriano formasi dan lembah dari negara-negara Yaracuy dan Lara. Sepanjang tenggara dataran tinggi Guyana terdapat di wilayah yang disebut La Gran Sabana, terdapat air terjun tertinggi di dunia yaitu Air terjun Angel, yang memiliki ketinggian 979 m (3.230 kaki). Dataran tinggi pada daerah ini memiliki sumber daya yang luar biasa, seperti bijih besi, emas, dan berlian.

venezuela-daftarnegaradidunia-02

Venezuela adalah negara berpenghasilan menengah yang ekonominya didominasi oleh industri minyak substansial. Kepemimpinan politik Venezuela mempertahankan wacana Anti-Amerika berapi-api, dan iklim politik yang sangat terpolarisasi dan volatile. Venezuela menganut sistem Demokrasi liberal multi partai. Presiden menjabat sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Presiden dipilih melalui pemilihan langsung untuk masa jabatan enam tahun.

 Kehidupan sosial rakyat Venezuela banyak terpengaruh oleh budaya dan cara hidup beberapa bangsa Eropa (Spanyol, Italia, Portugis, dan Jerman), termasuk suku bangsa Indian dan keturunan Afrika/Negro. Penduduk asli (suku Indian) sangat lemah dan mudah terasimilasi oleh kelompok imigran yang umumnya berasal dari Spanyol, Italia, Portugis, dan Jerman.

Related posts