Republik Irlandia (Benua Eropa)

Republik Irlandia (Benua Eropa)

Republik Irlandia (Benua Eropa) – negara Eropa di pulau Irlandia. Itu adalah anggota Uni Eropa. Negara ini kadang-kadang disebut Republik Irlandia untuk membedakan antara wilayah negara Irlandia dan pulau yang tepat, tetapi Irlandia adalah nama resminya. Ini mencakup sekitar lima perenam pulau Irlandia. Keenam lainnya disebut Irlandia Utara, yang masih merupakan bagian dari Inggris. Ibukota republik adalah Dublin. Gabus adalah kota terbesar kedua di negara itu dan terbesar ketiga di pulau Irlandia. Populasi Irlandia adalah 4,6 juta. Bahasa Inggris adalah bahasa utama yang digunakan. Bahasa Irlandia secara luas diajarkan di semua sekolah, dan masih digunakan sebagai bahasa pertama di beberapa wilayah negara, yang dikenal sebagai Gaeltacht. Bahasa Irlandia adalah bahasa resmi pertama, diikuti oleh bahasa Inggris.

presiden Republik Irlandia (Benua Eropa)

Beberapa ratus tahun yang lalu, Inggris mengambil alih negara itu dan menjadikannya bagian dari Inggris pada tahun 1801. Irlandia meninggalkan Inggris pada tahun 1922 dan telah menjadi negara merdeka sejak itu.

Baca Juga :
irak benua asia barat
jepang benua asia timur
uni emirat arab benua asia barat

Republik Irlandia mencakup 70.273 km┬▓ atau 83% dari luas Pulau Irlandia di bagian selatan, dengan sisanya merupakan wilayah Irlandia Utara. Batas baratnyaadalah Samudra Atlantik, sedangkan di timur terdapat Laut Irlandia yang berhubungan dengan samudra lewat Selat St. George dan Laut Keltik. Pesisir baratIrlandia terdiri dari tebing, bukit, dan gunung kecil. Bagian dalamnya dilewati berbagai sungai, salah satunya adalah Sungai Shannon. Kota-kota di Irlandia antaralain Dublin, Cork, Galway, dan Limerick.Iklim di Irlandia adalah sedang dan dipengaruhi oleh arus Atlantik Utara.Musim panasnya tidak begitu panas dan musim dinginnya juga tidak terlalu dingin.Beberapa bagian Irlandia mendapatkan 275 hari dengan hujan dalam setahun.

Negara Irlandia merupakan bagian dari Eropa Barat. Dulu, negara Irlandia pernah menjadi bagian dari Inggris. Namun, sejak tahun 1949, negara Irlandia telah memisahkan diri dari negara Inggris. Negara Irlandia terbagi menjadi dua bagian, yaitu Irlandia utara yang masih masuk ke dalam kerajaan Inggris dan Irlandia sebagai negara yang merdeka. The Republic of Ireland atau The Irish Republic atau Republik Irlandia merupakan negara yang terletak di bagian selatan pulau Irlandia..

Related posts