Profil Negara Skotlandia

Profil Negara Skotlandia

Daftarnegaradidunia.web.id – Skotlandia adalah salah satu dari empat unit politik yang membentuk Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia Utara. Namun, meskipun berada dalam kesatuan politik selama hampir tiga abad, orang-orang Skotlandia masih berbeda dari yang lain. Lanskap yang indah, festival yang penuh warna, dan sejarah Skotlandia yang menarik menjadikan negara unik ini menjadi tujuan favorit bagi para wisatawan.

Penduduk
Skotlandia lebih kecil dari Inggris dan memiliki penduduk jauh lebih sedikit. Sebagian besar tanahnya berbatu dan terisolasi. Akibatnya, secara historis orang Skotlandia cenderung sangat mandiri. Orang Skotlandia adalah keturunan dari bangsa Celtic dan suku-suku lain yang bermigrasi ke daerah yang menjadi bagian dari Inggris dan daratan Eropa sebelum tahun 600 SM. Nama “Skotlandia” berasal dari Scotti, salah satu suku Celtic yang menetap di sana.

Bahasa dan Agama
Semua orang Scotlandia berbicara dalam bahasa Inggris, dengan aksen khas “burr.” Hampir 2 persen dari orang Skotlandia menggunakan bahasa Gaelic yang berasal dari bahasa Celtic. Banyak orang Skotlandia menganut Gereja Skotlandia, sebuah sekte Presbiterian dari Protestan.

Sekolah dan Perpustakaan
Pendidikan gratis dan wajib bagi anak-anak yang berusia antara 5 sampai 16 tahun. Pendidikan tinggi disediakan di 15 universitas, yang terbesar adalah Universitas Edinburgh dan Glasgow. Yang lain adalah universitas Aberdeen, St. Andrews, dan Dundee. Perpustakaan Nasional Skotlandia, di Edinburgh, memiliki sekitar 15 juta item.

Cara Hidup
Cara hidup Skotlandia mirip dengan Inggris. Namun, the Scots (orang Skotlandia) telah mempertahankan banyak tradisi yang berbeda. Tradisi ini meliputi tarian rakyat, bermain bagpipe, dan mengenakan pakaian adat kilt dan tartan yang berwarna-warni dengan pola kotak-kotak dari berbagai klan Skotlandia.

Baca juga : Profil Negara Italia

Olahraga dan Rekreasi
Skotlandia terkenal dengan golf, karena permainan ini dikembangkan di sana pada pertengahan 1700-an. Saat ini, Royal and Ancient Golf Club dari St. Andrews mungkin adalah klub golf paling terkenal di dunia. Permainan sepak bola dan rugby menarik banyak penonton. Highland Games juga populer, meliputi event atletik di samping kompetisi tarian rakyat dan bagpipe.

Bentang Alam
Skotlandia menempati sepertiga utara pulau Britania Raya. Dengan luas 78.783 kilometer persegi, negara ini ukurannya sama dengan negara bagian South Carolina di Amerika Serikat. Termasuk di dalamnya adalah sekitar 800 pulau di lepas pantai, dan kurang dari seperempatnya saja yang berpenghuni. Kelompok-kelompok pulau yang paling menonjol adalah Shetlands, Orkneys, dan Outer Hebrides.

Secara geografis, Skotlandia dibagi menjadi Highland, Lowland (Dataran Rendah), dan Upland (Dataran tinggi). Highland Skotlandia yang legendaris mencakup sekitar dua-pertiga dari wilayah negara. Highland dibagi oleh Glen More (Great Glen), sebuah lembah besar. Moor (dataran gersang dan tak subur) dan pegunungan yang sepi dan berangin kencang di barat laut Highland membentuk suatu wilayah paling alami di Eropa.

Di timur dan selatan Glen More ada Pegunungan Grampian, sungai yang mengalir deras, loch (danau), dan Moor yang dipenuhi tanaman heather. Di sini, Ben Nevis, gunung tertinggi di Inggris, berdiri dengan ketinggian 1.343 meter.

Beberapa lahan pertanian terbaik di Inggris ditemukan di Dataran Rendah Tengah, di lembah-lembah sungai. Daerah ini merupakan pusat perdagangan dan industri Skotlandia.Wilayah selatan Skotlandia, atau Dataran Selatan, mirip dengan Highland tetapi kurang berbatu. Domba yang merumput meramaikan bukit dan lembah yang tertutup rumput.

Sungai, Danau, dan Perairan Pesisir
Skotlandia dikelilingi di tiga sisi oleh Samudera Atlantik dan Laut Utara yang memiliki pemandangan mencengangkan. Tapi Skotlandia sangat dikenal karena banyaknya danau yang indah. Loch Lomond adalah yang terbesar, dan Loch Ness mungkin adalah yang paling terkenal. Danau ini adalah sumber dari legenda raksasa laut yang telah ada sejak ratusan tahun silam. Sungai utama Skotlandia adalah sungai Dee, Tay, Forth, Clyde, dan Tweed.

Related posts