Profil Negara Italia

Profil Negara Italia

Daftarnegaradidunia.web.id – Italia adalah negara di wilayah selatan Eropa yang terdiri dari semenanjung yang panjang dan sempit. Italia adalah salah satu negara yang penuh dengan sejarah di dunia, banyak peninggalan sejarah yang dapat Anda temukan di negara pasta ini seperti Colosseum dan Menara Pisa. Ibukota negara Italia adalah Roma.

Profil Negara Italia

  • Nama negara : Republik Italia
  • Ibu kota : Roma
  • Penduduk : 60.788.845 jiwa
  • Luas wilayah : 301.338 km2
  • Bahasa resmi : Italia
  • Suku bangsa : Italia 94%, Sardegna 2,7%, Rhaetian 13,6, lain-lain 1,9%
  • Agama : Katolik Roma 83%, non religius 13,6%, atheis1,3%, lain-lain 0,6%
  • Hari nasional : 2 Juni 1946
  • Lagu Kebangsaan : Fratelli D’ Italia (Brothers of Italy)
  • Perkapita : $30.594/tahun
  • Mata Uang : Euro

Pemerintahan Italia
Italia adalah negara berbentuk republik dan dipimpin oleh seorang presiden, dulunya Italia merupakan negara monarki. Rakyat memilih setidaknya 556 anggota Majelis Konstituante untuk membuat konstitusi. Konstitusi ini disetujui pada tahun 1947 dan berlaku efektif mulai 1 Januari 1948. Konstitusi menetapkan sistem pemerintahan yang terdiri atas seorang presiden, kabinet yang disebut Dewan Menteri yang dipimpin oleh seorang perdana menteri, dan Majelis Parlemen yang terdiri atas Senat dan Majelis Rendah (deputi).

Baca juga : Profil Negara Inggris

Penduduk Italia
Mengenai penduduk sendiri, saat ini jumlah penduduk di negara Italia telah mencapai 60.788.845 jiwa, etnis di Italia pun beragam mulai dari bangsa asli Italia 94%, Sardegna 2,7%, dan Rhaetian 13,6 hingga pendatang seperti imigran dari Afrika, Spanyol, dan lain-lainya. Mayoritas penduduk Italia beragama Katolik Roma. Bahasa yang digunakan sehari-hari pun ialah bahasa Italia itu sendiri.

Perekonomian Italia
Italia dikenal sebagai salah satu negaradengan tingkat perekonomian bagus di Eropa, saat ini pendapatan perkapita negara ini telah mencapai angka $30.594/tahun. Italia dikenal sebagai negara penghasil anggur terbesar di dunia. Negara ini dikenal baik atas sektor ekonomi bisnisnya yang inovatif mulai dari desain busana, peralatan, industri, otomobil bermutu tinggi dan lainya.

 

Wisata di Negara Italia

Italia juga dikenal sebagai salah satu negara indah di Eropa, banyak spot wisata menarik yang dapat anda kunjungi berada di negeri pasta ini. Berikut beberpa tempat wisata menarik yang ada di Italia.

Colosseum
Wisata pertama di Italia yang telah terkenal dimana-mana ialah Colosseum yang merupakan sisa reruntuhan amfiteater Romawi yang menjadi salah satu landmark kota Roma. Colosseum terletak di tengah kota Roma, Italia, dan berada di sebelah timur Roman Forum. Jika ke Italia anda wajib berkunjung ke tempat ini ya.

Kota Roma
Selanjutnya anda dapat berwisata ke ibu kota Italia yaitu kota Roma. Banyak sejarah peradaban terpancar dari kota ini mulai dari banyaknya monumen kuno, gereja abad pertengahan yang menarik, air mancur yang indah, museum, hingga istana Renaissance. Vatikan dan Santo Petrus juga berada di Roma. Banyak hal menarik yang dapat anda lakukan di kota penuh sejarah ini, jadi jangan lupa berkunjung ke Roma ya.

Fora Romano
Berikutnya ada Fora Romano yaitu sebuah alun –alun yang dikelilingi oleh beberapa reruntuhan bangunan pemerintahan kuno. Alun –alun ini berlokasi di tengah kota Roma, Italia, di antara Palatine Hill dan Capitoline Hill. For a Romano merupakan salah satu kawasan wisata terfavorit yang ada di Italia.

Kota Milan
Selain Kota Roma ada juga Kota Milan yang tak kalah menawan, Milan merupakan salah satu tempat wisata di Italia yang memiliki kehidupan sehari-hari yang sedikit berbeda daripada kebanyakan kota di Italia. Kota ini dikenal memiliki warisan seni dan budaya yang sangat kaya. La Scala sebuah gedung opera terkenal di dunia adalah salah satu bukti kemegahan yang ada di kota ini.

Cinque Terre
Berikutnya anda dapat berkunjung ke Cinque Terre sebuah kota indah yan ada di wilayah Riviera, Italia. Keindahan kota ini terlihat dari jajaran bangunan warna-warni yang ada di setiap sudut kota. Kota indah ini telah ada berabad-abad silam dan tetap terjaga keaslianya hingga sekarang ini. Cinque Terre juga telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs peninggalan dunia yang dilindungi.

Castel Sant’Angelo
Selanjutnya Castel Sant’Angelo sebuah kastil peninggalan zaman Romawi Kuno yang letaknya berada di tepi sungai Tiber. Castel Sant’ Angelo ini dibangun pada tahun 135 dan 139 Masehi yang awalnya merupakan sebuah makam yang didirikan untuk Kaisar Hadrian. Bentuk arsitektur kastil ini cukup unik, yaitu berbentuk silindris. Saat ini kastel kuno ini sempat dialih fungsikan menjadi tempat tinggal Paus, sebelum akhirnya menjadi bangunan museum nasional yang ramai dikunjungi wisatawan.

Trevi Fountain
Wisata menarik Italia selanjutnya ada Trevi Fountain sebuah kolam air mancur yang posisinya berada di wilayah Trevi, Kota Roma. Trevi Fountain adalah salah satu air mancur terkenal yang ada di Italia, banyak turis menghabiskan waktu berwisata mereka di tempat ini. Menarik bukan.

St. Peter’s Basilica
Selanjutnya lagi ada Basilika Santo Petrus yaitu sebuah gereja besar yang memiliki ketinggian interior hingga 120 meter. Konstruksi pembangunan Basilika dimulai pada tahun 1506 dan selesai pada tahun 1615. Basilika berdiri di atas situs tradisional di mana Peter, rasul yang dianggap paus pertama disalibkan dan dikuburkan. Tempat ini cocok bagi anda yang ingin berwisata religi.

Galleria degli Uffizi
Wisata berikutnya adalah Galleria degli Uffizi sebuah museum seni terbesar dan tertua di Florence, Italia. Museum seni ini memiliki 45 ruangan dengan 2 galeri. Galleri ini memiliki beberapa koleksi utama yang sayang untuk anda lewatkan yaitu lukisan karya Leonardo da Vinci dan Michelangelo.

Gua Grotta Azzurra
Terakhir anda dapat menikmati wisata alam gua Grotta Azzurra atau lebih dikenal Blue Grotto. Gua ini merupakan gua laut karena berada di pinggiran bebatuan karang yang besar dan berisikan air laut. Gua Blue Grotto memiliki panjang sekitar 60 meter dengan lebar 20 meter. Kedalamannya sekitar 150 meter dengan dasar yang berupa pasir. Anda dapat masuk ke gua ini menggunakan perahu dengan ditemani pemandu. Keindahan gua ini terlihat dari pancaran warna kebiruan yang ada di dalamnya.

Related posts