Profil Negara Inggris

Profil Negara Inggris

Daftarnegaradidunia.web.id – Inggris adalah negara maju di benua Eropa, ibu kota Inggris bernama London. Inggris Raya adalah negara bagian terbesar dan terpadat di negara-negara bagian yang membentuk Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia Utara (Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia Utara). Negara-negara lain adalah Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Seringkali nama dalam bahasa Inggris digunakan untuk merujuk ke seluruh negara ini. Saat ini, Ratu Elizabeth II masih memiliki kendali penuh atas negara Inggris.

Pemerintahan Inggris

Inggris merupakan salah negara yang berbentuk kerajaan konstitusional, maka dari itu negara ini disebut juga United Kingdom atau Britania Raya. Kepala Negara Inggris ialah Ratu Elizabeth II sementara kepala pemerintahannya ialah Perdana Menteri yang saat ini dijabat oleh David Cameron. Inggris juga terbagi atas empat negara bagian, yaitu Inggris (England), Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara yang terletak di Pulau Irlandia.

Profil Negara Inggris

  • Nama Resmi : United Kingdom (England)
  • Luas wilayah : 244.046 km2
  • Ibu kota : London
  • Bentuk pemerintahan : Kerajaan (Monarki)
  • Kepala Negara : Ratu Elizabeth II
  • Kepala pemerintahan : Perdana Menteri
  • Jumlah Penduduk : 53.013.000 juta jiwa.
  • Bahasa Resmi : Inggris
  • Agama mayoritas : Protestan, Katolik
  • Mata uang : Pound Sterling
  • Pendapatan Perkapita : £ 22.907
  • Lagu kebangsaan : God Save the Queen

Penduduk Inggris

Mengenai penduduk Inggris tergolong salah satu negara dengan penduduk terpadat di kawasan Eropa terutama di dataran Britania Raya. Sensus tahun 2011 menunjukan jumlah penduduk Inggris mencapai 53.013.000 juta jiwa. Imigrasi menyebabkan Inggris dihuni oleh berbagai bangsa. Dewasa ini pemerintah menetapkan undang-undang yang membatasi jumlah imigran, karena banyaknya arus penduduk yang datang ke Inggris menimbulkan masalah, seperti masalah pengangguran, pendidikan, kekurangan perumahan, hingga masalah rasial. Agama yang dianut penduduk mayoritas di Inggris ialah Protestan dan Roma Katolik. Sementara bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari ialah bahasa Inggris.

Perekonomian Inggris

Inggris merupakan salah satu negara industri terbesar di Eropa bahkan Dunia. Hasil industri utama negeri ini ialah tekstil, baja, kereta api, alat elektronik, alat pertanian, kimia dan mainan anak-anak. Industri berat terpusat di daerah penambangan bijih besi dan batubara yang disebut “the black country” dengan pusatnya Birmingham dan Sheffield. Selain di sektor Industri, perekonmian Inggris juga di topang dari sektor peternakannya yang cukup maju. Ternak yang banyak dipelihara ialah sapi, babi, domba, unggas. Hasil peternakan berupa daging, susu, telur dan wol. Selain itu Inggris juga terkenal dengan sektor perikanannya yang maju dengan pelabuhan Grimbsy, Hull, dan Great sebagai pusatnya. Saat ini pendapatan perkapita negara Inggris mencapai £ 22.907/tahun.

Baca juga : Negara Islandia (Iceland)

Wisata di Inggris

Mengenai wisata, Inggris merupakan salah satu negara tujuan wisata terpopuler di Eropa setelah Paris. Suasana kota London yang kental dengan peradaban sejarah menambah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berlibur ke Inggris. Nah, berikut beberapa tempat wisata menark yang ada di Inggris.

Tower of London

Wisata pertama yang wajib wisatawan kunjungi jika berlibur ke Inggris ialah Tower of London atau Menara London. Dulunya Tower of London berfungsi sebagai penjara dari 1100 ke pertengahan abad kedua puluh. Kastil ini didirikan pada musim dingin tahun 1066 sebagai bagian dari Penaklukan Norman dari Inggris dan menjabat sebagai kediaman kerajaan sebelum menjadi penjara. Tower of London konon bangunan paling berhantu di Inggris. Apapun itu tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Hadrian’s Wall

Jika di RRC ada tembok raksasa China,Inggris punya Tembok Hadrian. Tembok ini dibangun oleh bangsa Romawi guna melindungi bangsa koloni Britannia dari suku di Skotlandia. Tembok ini membentang 117 kilometer (73 mil) di utara Inggris dari Laut Irlandia ke Laut Utara. Konstruksi dimulai pada 122 AD setelah kunjungan oleh Kaisar Romawi Hadrian, dan sebagian besar diselesaikan dalam waktu enam tahun. Tempat ini menjadi salah satutujuan wisata terfaforit lainya yan ada di Inggris.

Lake District

Nah, jika ingin berwisata dengan alam Lake District wajib untuk wisatawan kunjungi. Taman Nasional yang terletak di utara barat Inggris di county Cumbria ini merupakan Taman Nasional terbesar di negara ini. Daya tarik utama tempat ini ialah danau dan perbukitan (gunung dan bukit) diukir oleh erosi glasial dan memberikan pemandangan yang menakjubkan.

The Cotswolds

Selanjutnya wisatawan dapat berkunjung ke The Cotswolds yang mengacu pada berbagai perbukitan di selatan tengah Inggris, kisaran utama mencapai 330 meter di ketinggian pada titik tertinggi. Daerah ini terkenal dengan desa-desa yang dibangun dari batu, kota-kota bersejarah, dan rumah megah dan kebun. The Cotswolds merupakan salah satu tempat wisata terbaik yang ada di Inggris.

Menara Jam Big Ben

Jika ke London wisatawan wajib mengunjungi tempat yang satu ini Menara Jam Big Ben yang berusia 150 tahun adalah salah satu maskot utama di negara Inggris tepatnya di kota London. Nama Big Ben sebenarnya tidak merujuk ke menara jam itu sendiri, tetapi untuk 13 bel ton yang terletak di dalam menara dan mengambil nama dari orang yang pertama kali memerintahkan bel, Sir Benjamin Hall. Menara Jam Big Ben merupakan salah satu menara jam terbesar yang ada di dunia.

Madame Tussauds London Museum

Inggris juga memiliki salah tempat wisata yang unik. Madame Tussauds London sebuah museum yang memamerkan patung-patung lilin,dimana patung-patung tersebut merupakan penjelmaan dari tokoh-totoh terkenal dari seluruh dunia dan dibuat sangat mirip dengan karakter aslinya. Patung para tokoh terkenal itu diantaranya meliputi pemimpin dunia, ilmuwan, penulis, seniman, atlet, para aktor aktris legendaris, serta tidak ketinggalan dengan keluarga kerajaan Inggris.

Related posts