Pembahasan Profil Negara Georgia

Pembahasan Profil Negara Georgia

Daftarnegaradidunia.web.id – Terletak di Asia Barat Daya, Georgia memiliki perbatasan 1.814,00 km dengan Armenia (219 km), Azerbaijan (428 km), Rusia (894 km) dan Turki (273 km). Ini memiliki garis pantai 310,00 km. Dukungan militer Rusia dan pengakuan Abkhazia dan kemerdekaan Ossetia Selatan terus memburuk hubungan dengan Georgia.

Ibukota Georgia adalah Tbilisi dan terletak di bagian timur negara dekat Taman Nasional Tbilisi dan wilayah Rustavi. Tbilisi telah menjadi ibu kota Georgia sejak 1122 ketika Raja Georgia pada waktu itu (David the Builder) menaklukkan kota dan memindahkan markasnya ke wilayah tersebut. Menurut bukti arkeologis, daerah tersebut telah dihuni oleh manusia sejak milenium ke-4 SM. Kota ini selalu menjadi jalur perdagangan penting dan mapan antara kekuatan global timur-barat.

Georgia adalah negara Asia yang mencakup 69.700,00 km2. Rusia saat ini menempati sekitar 12.560 km persegi, atau sekitar 18% total wilayah di Georgia. Ini menjadikannya negara terbesar ke-119 di dunia dan sedikit lebih kecil dari Carolina Selatan; sedikit lebih besar dari Virginia Barat. Koordinat geografisnya adalah 42 00 N, 43 30 E dan Tbilisi adalah ibu kota. Nama “Georgia” dikatakan berasal dari sebutan Persia “gurgan”, yang berarti tanah serigala.

Geografi
Georgia memiliki ketinggian rata-rata 1.432 m di atas permukaan laut. Ini memiliki iklim Mediterania yang hangat. Medannya sebagian besar bergunung-gunung, dengan beberapa dataran dan kaki bukit.

Populasi
Georgia memiliki populasi 4.928.052 menjadikannya yang terbesar ke 122 di dunia. Sebagian besar pemukiman dapat ditemukan di dekat lembah tengah. Bahasa Georgia adalah bahasa resmi. Etnis mayoritas adalah Georgia, diikuti oleh Azeri dan Armenia. Mayoritas negara diidentifikasi sebagai Kristen Ortodoks.

Bahasa resmi Georgia adalah bahasa Georgia yang berasal dari keluarga bahasa Kartvelian. Bahasa-bahasa ini berasal dari wilayah Kaukus di Eropa dan bukti tertulis tertua dari Georgia yang berasal dari abad kelima. Menurut banyak ahli linguistik, aksara Georgia kuno mungkin berasal dari bahasa Aram dengan pengaruh dari bahasa Yunani. Bahasa Georgia digunakan sebagai bahasa resmi untuk bisnis dan pendidikan dan kekayaan sejarah bahasa Georgia menyediakan platform yang stabil agar bahasa tersebut dapat bertahan dan berkembang. Sekitar 90% (3,3 juta) dari 3,7 juta penduduk negara itu berbicara bahasa Georgia sebagai bahasa pertama mereka.

Pemerintah
Georgia adalah negara merdeka. Ia memperoleh kemerdekaan dengan pembubaran Inggris pada tahun 1991. Konstitusinya terakhir diratifikasi pada tahun 1995.

Sistem politik Georgia berlangsung dalam demokrasi perwakilan semi-presidensial multi-partai. Negara ini melakukan transisi ke demokrasi setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1990. Presiden Georgia adalah kepala negara dan Perdana Menteri Georgia adalah kepala pemerintahan. Presiden dan pemerintah yang berkuasa memegang kekuasaan eksekutif dan kekuasaan legislatif berada di tangan pemerintah dan Parlemen Georgia.

Baca Juga : Pembahasan Profil Negara Gabon

Ekonomi
PDB Georgia adalah $ 37.270.000.000,00 (USD) dengan $ 10.100,00 (USD) per kapita. Ini menjadikannya ekonomi terbesar ke-119 dan warganya yang ke-134 terkaya di dunia. Mata uang Georgia adalah Lari (GEL).

Mitra ekspor utamanya adalah Azerbaijan dan Bulgaria. Ekspor utamanya adalah kendaraan, ferro-alloy, dan pupuk. Mitra impor utamanya adalah Turki, Rusia, dan Cina. Impor utamanya meliputi bahan bakar, kendaraan, mesin dan suku cadang, biji-bijian dan makanan lainnya, dan obat-obatan.

Bendera
Bendera resmi Georgia dikenal sebagai Bendera Lima Salib dan awalnya merupakan spanduk Kerajaan Georgia abad pertengahan dari 1008-1490. Ini diperkenalkan kembali sebagai bendera resmi pada Januari 2004 setelah periode kebangkitan nasional dan patriotisme di negara itu karena runtuhnya Uni Soviet. Bendera itu terdiri dari St George Cross merah di lapangan putih dengan empat salib kecil ditempatkan di tengah setiap bagian seperempat.

Related posts