Pembahasan Profil Negara Gambia

Pembahasan Profil Negara Gambia

Daftarnegaradidunia.web.id – Terletak di Afrika Barat, Gambia memiliki perbatasan 749,00 km dengan Senegal. Ini memiliki garis pantai 80,00 km. Perbatasan kadang-kadang merupakan tempat penggerebekan lintas-batas, penyelundupan senjata, dan kegiatan ilegal lainnya.

Banjul adalah ibu kota Gambia. Lokasi kota berada di dekat Sungai Gambia yang merupakan sumber nama negara. Banjul memiliki populasi kota 31.301 pada 2013 dan populasi perkotaan 413.397. Populasi perkotaan yang tinggi merupakan hasil dari kombinasi jumlah orang di Banjul dan mereka yang berada di Dewan Kota Kanifing. Kota Banjul menjadi ibu kota pada tahun 1816. Tempat-tempat untuk dikunjungi di Banjul meliputi Jalan Ma Cumba Jallow, Taman Hutan Bijilo, Pantai Brufut, dan Desa dan Pantai Sanyang. Iklim kota tropis dengan musim kemarau dan hujan.

Gambia adalah negara Afrika yang mencakup 11.300,00 km2 yang 10,44% adalah air dan 10.120,00 km2 adalah tanah. Ini menjadikannya negara terkecil ke-36 di dunia dan sedikit kurang dari dua kali ukuran Delaware. Koordinat geografisnya adalah 13 28 N, 16 34 W dan Banjul adalah ibu kota. Negara ini dinamai Sungai Gambia yang mengalir melaluinya. Kode ISO-nya adalah GM.

Geografi
Gambia memiliki ketinggian rata-rata 34 m di atas permukaan laut. Memiliki iklim tropis dengan musim hujan dari Juni hingga November dan musim kemarau dari November hingga Mei. Medannya ditandai dengan bukit-bukit rendah.

Populasi
Gambia memiliki populasi 2.009.648 menjadikannya yang terbesar ke 146 di dunia. Bahasa Inggris adalah bahasa resmi. Kelompok etnis utama termasuk Mandinka / Jahanka, Fulani / Tukulur / Lorobo, dan Wolof. Negara ini memiliki mayoritas agama Islam.

Bahasa resmi Gambia adalah bahasa Inggris, menjadikannya salah satu dari sedikit negara anglophone Afrika Barat. Namun, tidak jarang untuk memperhatikan penyusupan Perancis ke Gambia. Beberapa penduduk Gambia dengan nyaman berbicara bahasa Prancis. Selain bahasa Inggris dan Prancis, bahasa-bahasa lain yang digunakan di antara orang Gambia adalah Mandingo, Fula, Wolof, dan Jola. Mandinka adalah dialek lokal utama yang digunakan oleh sekitar 38% warga Gambia.

Pemerintah
Gambia adalah negara merdeka. Ia memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1965. Konstitusinya terakhir diratifikasi pada tahun 1997.

Mirip dengan banyak negara Afrika Barat, Gambia adalah republik dengan presiden sebagai pemimpinnya. Presiden adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Selanjutnya, pemerintah merupakan badan peradilan, eksekutif, dan legislatif. Lokasi Majelis Nasional Gambia di Banjul. Presiden Gambia tinggal di Rumah Negara Gambia yang juga berlokasi di Banjul. Di Gambia, pemilihan umum dilakukan setiap lima tahun sekali. Dari 58 anggota parlemen, 53 di antaranya dipilih oleh rakyat Gambia selama pemilihan. Juga, orang-orang juga memilih presiden pilihan mereka.

Baca Juga : Pembahasan Profil Negara Georgia

Ekonomi
Mata uang Gambia adalah Dalasi (GMD). Mitra ekspor utamanya adalah Cina, Bulgaria, dan Turki. Ekspor utamanya adalah produk kacang, ikan, dan kapas. Mitra impor utamanya adalah Cina, Brasil, dan Senegal. Impor utamanya meliputi bahan makanan, manufaktur, bahan bakar, mesin, dan peralatan transportasi.

Bendera
Bendera Gambia digunakan sebagai simbol persatuan nasional dan sebagai panji sipil. Nama bendera adalah “Standar Presiden.” Ini terdiri dari warna putih, hijau, biru, dan merah. Ini terdiri dari tiga persegi panjang yang dirancang secara horizontal melintasi bendera. Warna merah melambangkan kedekatan Gambia dengan khatulistiwa. Ini juga menunjukkan bahwa itu adalah bagian dari wilayah sabana. Hijau melambangkan ketergantungan negara pada pertanian sebagai cara hidup dan putih berarti perdamaian. Selanjutnya, warna biru mewakili air yang ditemukan di Gambia seperti Sungai Gambia. Bendera Gambia diadopsi pada tahun 1965. Desainernya adalah Louis Thomasi.

Related posts