Pembahasan Profil Negara Gabon

Pembahasan Profil Negara Gabon

Daftarnegaradidunia.web.id – Terletak di Afrika Tengah, Gabon memiliki perbatasan 3.261,00 km dengan Kamerun (349 km), Republik Kongo (2.567 km) dan Guinea Ekuatorial (345 km). Ini memiliki garis pantai 885,00 km. PBB telah mendesak Guinea Ekuatorial dan Gabon untuk menyelesaikan sengketa kedaulatan atas Pulau Mbane yang diduduki Gabon.

Libreville adalah ibu kota Gabon. Itu ditemukan di dekat Sungai Komo dan memiliki populasi 703.904 pada tahun 2013. Kota ini menjadi ibu kota pada tahun 1960. Libreville adalah kota yang luar biasa menarik banyak wisatawan ke sana setiap tahun. Beberapa tujuan wisata yang terletak di dalam kota termasuk Seaside Boulevard, Gereja St. Michel, Arboretum Sabang, Taman Nasional Akanda, dan Pantai Point-Denis. Iklim Libreville adalah musim hujan tropis dengan musim kemarau dan musim hujan.

Gabon adalah negara Afrika yang mencakup 267.667,00 km2 di mana 3,74% adalah air dan 257.667,00 km2 adalah tanah. Ini menjadikannya negara terbesar ke-76 di dunia dan sedikit lebih kecil dari Colorado. Koordinat geografisnya adalah 1 00 S, 11 45 E dan Libreville adalah ibu kotanya.

Nama ini berasal dari kata Portugis “gabao” yang berarti “jubah”.

Geografi
Gabon memiliki ketinggian rata-rata 377 m di atas permukaan laut. Memiliki iklim tropis yang sangat panas dan lembab. Medannya sempit dengan interior berbukit dan sabana di timur dan selatan.

Populasi
Gabon memiliki populasi 1.738.541 menjadikannya yang terbesar ke 152 di dunia.

Bahasa Perancis adalah bahasa resmi. Etnis utama adalah suku Bantu. Mayoritas populasi mengidentifikasikan sebagai Kristen.

Orang-orang Gabon berbicara banyak bahasa yang dapat dirancang sebagai Bantu atau Non-Bantu. Beberapa bahasa Bantu termasuk Fang, Punu, Nzebi, Mpengwe, Benga, Simba, Sake, dan Barama. Bahasa Prancis adalah bahasa resmi yang digunakan di dalam negeri untuk pengajaran. Fang adalah bahasa daerah yang paling populer digunakan di Gabon.

Pemerintah
Gabon adalah negara merdeka. Ia memperoleh kemerdekaan dari Perancis pada tahun 1960. Konstitusinya terakhir diratifikasi pada tahun 1991.

Pemerintah Gabon adalah republik yang pemimpinnya adalah seorang presiden. Presiden, dibantu oleh wakil presiden, melakukan semua fungsi yang berkaitan dengan menjadi kepala negara dan pemerintahan. Mirip dengan kebanyakan pemerintah, ada tiga tangan pemerintah Gabon yaitu legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Para pemimpin ini mulai menjabat pada Oktober 2009, Agustus 2017, dan September 2016 masing-masing. Meskipun Gabon memiliki sistem presidensial multi-partai, Partai Demokrat Gabon telah mendominasi politik negara untuk waktu yang lama. Voting di Gabon adalah latihan wajib. Siapa pun yang berhak memilih tetapi tidak memilih dapat didenda.

Baca Juga : Pembahasan Profil Negara Finlandia

Ekonomi
PDB Gabon adalah $ 35.980.000.000,00 (USD) dengan $ 19.300,00 (USD) per kapita. Ini menjadikannya ekonomi terbesar ke-121 dan warganya yang terkaya ke-84 di dunia. Mata uang Gabon adalah Franc (XAF).

Mitra ekspor utamanya adalah Cina, Italia, dan Trinidad dan Tobago. Ekspor utamanya adalah minyak mentah, mangan, dan uranium. Mitra impor utamanya adalah Cina, Prancis, dan Amerika Serikat. Impor utamanya meliputi mesin dan peralatan, bahan makanan, dan bahan kimia.

Bendera
Bendera Gabon adalah simbol persatuan dan kebanggaan negara itu. Ini terdiri dari tiga warna biru, hijau, dan kuning. Biru adalah singkatan dari Samudra Atlantik Selatan dan perairan lainnya di Gabon. Kuning mewakili matahari sementara hijau menyinggung hutan yang menutupi sebagian besar wilayah Gabon. Bendera Gabon diadopsi pada tahun 1960 ketika mencapai kemerdekaannya. Tidak jelas siapa yang mendesain bendera. Bendera saat ini merupakan peningkatan dari apa yang digunakan sebelum kemerdekaan. Bendera sebelumnya memiliki Tricolor Prancis yang mirip dengan bendera Prancis.

Related posts