Pembahasan Profil Negara Finlandia

Pembahasan Profil Negara Finlandia

Daftarnegaradidunia.web.id – Terletak di Eropa Utara, Finlandia memiliki batas 2.563,00 km dengan Norwegia (709 km), Swedia (545 km) dan Rusia (1.309 km). Ini memiliki garis pantai 1.250,00 km. Berbagai kelompok di Finlandia menganjurkan restorasi Karelia dan daerah lain yang diserahkan ke bekas Uni Soviet.

Helsinki menjadi ibu kota Finlandia pada tahun 1812 ketika Rusia menyerbu dan menaklukkan Finlandia sekarang. Ini adalah kota terbesar di negara ini dan pusat bisnis yang penting. Memiliki populasi 588.941 di kota itu sendiri. Iklim Helsinki terdiri dari 4 musim yang berbeda, dengan bulan terdingin adalah Desember.

Finlandia adalah negara Eropa yang meliputi 338.145,00 km2 yang 10,15% adalah air dan 303,815,00 km2 adalah tanah. Ini menjadikannya negara terbesar ke-64 di dunia dan sedikit lebih dari dua kali ukuran Georgia sedikit lebih kecil dari Montana. Koordinat geografisnya adalah 64 00 N, 26 00 E dan Helsinki adalah ibu kotanya.

Nama itu konon berasal dari bangsa Fenni kuno.

Geografi
Finlandia memiliki ketinggian rata-rata 164 m di atas permukaan laut.

Ini memiliki iklim sedang yang sejuk yang relatif ringan. Medannya sebagian besar rendah, dengan dataran datar hingga bergulir yang diselingi danau dan bukit rendah.

Populasi
Finlandia memiliki populasi 5.498.211 menjadikannya yang ke-117 terbesar di dunia. Sebagian besar penduduk tinggal di selatan.

Bahasa Finlandia dan Swedia adalah bahasa resmi. Kelompok etnis utama adalah Finn diikuti oleh Swedia. Mayoritas populasi adalah Lutheran.

Dua bahasa resmi yang termasuk dalam Undang-Undang Bahasa Finlandia adalah Bahasa Swedia dan Bahasa Finlandia. Selain itu, ada beberapa bahasa tidak resmi lainnya juga. Pemerintah Finlandia melindungi hak warganya untuk menggunakan bahasa Finlandia dan Swedia di tingkat administrasi. Bahasa minoritas yang digunakan di Finlandia unik dan hanya digunakan oleh sebagian kecil dari total populasi. Beberapa pernyataan yang digunakan di Finlandia sama dengan yang digunakan di negara yang berbeda tetapi memiliki arti yang berbeda. Bahasa isyarat Finlandia juga merupakan salah satu bahasa minoritas yang digunakan di negara tersebut.

Pemerintah
Finlandia adalah negara merdeka. Ia memperoleh kemerdekaan dari Rusia pada tahun 1917. Konstitusinya terakhir kali diratifikasi pada tahun 2000.

Pemerintah Finlandia adalah republik konstitusional di mana presiden adalah kepala negara. Presiden saat ini adalah Sauli Niinisto yang telah bertugas sejak Maret 2012. Perdana menteri adalah Juha Sipila, dan telah menjabat sejak 29 Mei 2015. Sauli Niinisto adalah presiden ke-12 yang melayani Finlandia. Gedung parlemen terletak di Helsinki. Tempat tinggal resmi presiden adalah di ibu kota utara Esplanadi. Presiden berhak untuk menjalani masa enam tahun di bawah konstitusi Finlandia. Warga negara berusia 18 tahun ke atas memiliki hak untuk memilih di Finlandia.

Baca Juga : Beberapa Negara Unik ini Susah Sekali Dikunjungi

Ekonomi
PDB Finlandia adalah $ 226.000.000.000,00 (USD) dengan $ 40.600,00 (USD) per kapita. Ini menjadikannya ekonomi terbesar ke-62 dan warganya yang ke-40 terkaya di dunia. Mata uang Finlandia adalah Euro (EUR).

Mitra ekspor utamanya adalah Jerman, Swedia, dan Amerika Serikat. Ekspor utamanya adalah peralatan listrik dan optik, mesin, dan peralatan transportasi. Mitra impor utamanya adalah Jerman, Swedia, dan Rusia. Impor utamanya meliputi bahan makanan, minyak bumi dan produk minyak bumi, dan bahan kimia.

Bendera
Bendera Finlandia menampilkan salib biru di backgrond putih. Ini adalah bendera nasional (sipil) negara itu, meskipun pihak berwenang juga memiliki akses ke bendera negara dan presiden. Bendera saat ini telah digunakan sejak 29 Mei 1918. Bendera ini melambangkan Finlandia sebagai negara dengan banyak danau dengan lanskap bersalju dengan salib biru dan latar belakang putihnya. Bendera saat ini adalah produk karya desain dua desainer besar yang muncul dengan palang biru pada latar belakang putih.

Related posts