Pembahasan Profil Negara China

Pembahasan Profil Negara China

Daftarnegaradidunia.web.id – Terletak di Asia Timur, Cina memiliki 22.457,00 km perbatasan dengan Afghanistan (91 km), Bhutan (477 km), Burma (2.129 km), India (2.659 km), Kazakhstan (1.765 km), Korea Utara (1.352 km), Kirgistan (1.063 km), Laos (475 km), Mongolia (4.630 km), Nepal (1.389 km), Pakistan (438 km), Rusia (timur laut) (4.133 km), Rusia (barat laut) (46 km), Tajikistan (477) km) dan Vietnam (1.297 km). Ini memiliki garis pantai 14.500,00 km. Pembicaraan terus menerus dan langkah-langkah pembangunan kepercayaan bekerja untuk mengurangi ketegangan di wilayah Kashmir yang disengketakan. Sengketa batas juga ada antara Cina dan Bhutan.

Beijing terletak di Cina Utara dan memiliki sejarah budaya yang kaya telah didirikan pada tahun 1046 SM. Populasi sebagian besar (sekitar 95%) etnis Cina Han dan populasi daerah perkotaan Beijing adalah yang kedua setelah Shanghai. Beberapa kota telah melayani selama pusat politik suatu negara seperti yang dimiliki Beijing. Di antara modernisasi, Beijing juga memiliki beberapa tempat wisata kuno dan situs-situs seperti kuil, seni, museum, dan bahkan bagian dari Tembok Besar Tiongkok. Telah terjadi ledakan pertumbuhan populasi yang signifikan di kota ini sejak tahun 1990 yang telah menyebabkan jumlah penduduk meningkat menjadi lebih dari 21 juta warga.

Cina adalah negara Asia yang mencakup 9.596.960,00 km2 di mana 2,82% adalah air dan 9.326.410,00 km2 adalah tanah. Ini menjadikannya negara terbesar ke-4 di dunia dan sedikit lebih kecil dari AS. Koordinat geografisnya adalah 35 00 N, 105 00 E dan Beijing adalah ibu kota.

Nama Inggris “China” berasal dari penguasa Qin (Chin) yang aktif pada abad ke-3.

Geografi
Cina memiliki ketinggian rata-rata 1.840 m di atas permukaan laut. Memiliki iklim yang sangat bervariasi, dari tropis di selatan hingga subarctic di utara. daerahnya sebagian besar terdiri dari pegunungan, dengan gurun di barat dan delta serta bukit di timur.

Populasi
Cina memiliki populasi 1.373.541.278 menjadikannya yang terbesar di dunia. Mayoritas negara tinggal di bagian timur negara itu. Bahasa Mandarin Standar (Mandarin), Kanton, Shanghai adalah bahasa yang paling umum digunakan. Kelompok etnis mayoritas adalah Cina Han. Agama Buddha, Kristen, dan agama rakyat semuanya dipraktikkan di Tiongkok.

Meskipun Cina adalah salah satu negara paling beragam di dunia dalam hal bahasa, mayoritas orang (sekitar 70%) di negara ini berbicara berbagai bahasa Mandarin. Ada tujuh dialek utama dalam bahasa Cina, dan mereka adalah Mandarin, Kanton, Hakka, Wu, Min, Xiang, dan Gan. Sebagian besar bahasa ini dapat dianggap bahasa minoritas jika dibandingkan dengan jumlah penutur Mandarin di negara ini.

Pemerintah
China adalah negara merdeka. Ini menjadi Republik Rakyat Cina pada tahun 1949. Konstitusinya terakhir diratifikasi pada tahun 2004.

Pemerintah Cina didasarkan pada sistem di mana pejabat terpilih dari tingkat pemerintahan yang lebih rendah memilih orang-orang yang mengambil berbagai peran di kantor-kantor negara yang lebih tinggi. Kongres Rakyat lokal adalah satu-satunya otoritas yang dipilih secara langsung (oleh rakyat) di negara itu, dan mereka memiliki hak untuk memilih walikota, pemimpin, dan kepala kota atau kabupaten. Xi Jinping adalah Presiden Tiongkok saat ini dan telah menjabat sejak November 2012. Ia juga memegang posisi terkemuka lainnya di dalam pemerintahan Tiongkok, dan ini telah menyebabkan struktur kekuasaan yang lebih terpusat di dalam negara. Parlemen Beijing adalah yang terbesar di dunia dengan lebih dari 2.900 anggota yang membentuk Kongres Rakyat Nasional.

Baca Juga : Pembahasan Profil Negara Gambia

Ekonomi
PDB Tiongkok adalah $ 21.100.000.000.000,00 (USD) dengan $ 14.600,00 (USD) per kapita. Ini menjadikannya ekonomi terbesar dan warganya yang ke-108 terkaya di dunia. Mata uang Tiongkok adalah Yuan Renminbi (CNY).

Mitra ekspor utamanya adalah Amerika Serikat, Hong Kong, dan Jepang. Ekspor utamanya adalah mesin-mesin listrik dan lainnya. Mitra impor utamanya adalah Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Jepang. Impor utamanya meliputi mesin-mesin listrik dan lainnya, bahan bakar minyak dan mineral, dan reaktor dan boiler nuklir.

Bendera
Bendera Tiongkok dikenal sebagai bendera merah bintang lima dan telah digunakan sejak tahun 1949 setelah revolusi komunis yang sukses di Tiongkok. Permintaan untuk desain bendera dibuat oleh Partai Komunis melalui surat kabar, dan mereka menerima lebih dari 3.000 gambar, akhirnya memilih bendera merah bintang lima sebagai bendera nasional baru mereka. Zeng Liangsong, seorang warga negara Cina patriotik, menciptakan desain ini selama tahun 1949 dan merasa sulit untuk percaya bahwa desainnya dipilih. Bendera Cina adalah salah satu yang paling dikenal di dunia, memanfaatkan skema warna yang berani dengan desain simbolis dan langsung. Merah di bendera ini melambangkan komunisme, dan bintang-bintang emas melambangkan persatuan rakyat Tiongkok. Selanjutnya, empat bintang yang lebih kecil adalah simbol untuk kelas yang berbeda dalam masyarakat Cina.

Related posts