Negara Makedonia Utara

Negara Makedonia Utara

daftarnegaradidunia.web.id – Negara Makedonia Utara, negara yang terletak di Semenanjung Balkan, Eropa Selatan. Negara ini berbatasan dengan Serbia dan Kosovo di utara, Albania di barat, Yunani di selatan, dan Bulgaria di timur.

Negara ini disebut “Republik Makedonia Bekas Yugoslavia” (bahasa Inggris: Former Yugoslav Republic of Macedonia) oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak tahun 1993 sembari menunggu resolusi mengenai persengketaan penamaan dengan Yunani.

Banyak institusi internasional dan negara lain telah mengakui negara ini dengan nama yang sama, meskipun mayoritas negara mengakui negara ini dengan nama konstitusional. Baru semejak tanggal 12 Februari 2019, Republik Makedonia resmi mengubah namanya menjadi Republik Makedonia Utara, mengakhiri sengketa nama.

Baca juga : Negara Lituania

Republik Makedonia Utara mencakup 35,8% wilayah dan 40,9% populasi wilayah Makedonia. Ibukotanya adalah Skopje, yang dihuni 506.926 jiwa penduduk pada tahun 2004. Negara ini memiliki beberapa kota yang lebih kecil, seperti Bitola, Kumanovo, Prilep, Tetovo, Ohrid, Veles, Štip, Kočani, Gostivar, dan Strumica.

Di Makedonia Utara terdapat lebih daripada 50 danau alami dan waduk, dan juga memiliki enam belas gunung yang memiliki tinggi lebih daripada 2.000 meter dari permukaan laut.

Negara ini merupakan anggota PBB dan Majelis Eropa; serta juga anggota dari La Francophonie, World Trade Organization (WTO), dan Organization for Security and Cooperation in Europe. Sejak Desember 2005, negara ini menjadi kandidat anggota Uni Eropa dan telah mendaftar untuk menjadi anggota NATO.

Related posts