Negara Brasil

Negara Brasil

daftarnegaradidunia.web.id – Negara Brasil adalah  negara paling besar dan paling banyak penduduknya(204.5 juta jiwa pada tahun 2017) di Amerika Selatan.

Negara ini merupakan negara paling timur di Benua Amerika dan berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudra Atlantik. Nama Brasil diambil dari nama Kayu Brasil, sejenis kayu lokal. Brasil merupakan tempat pertanian ekstensif dan hutan hujan tropis.

Sebagai bekas koloni Portugal, bahasa resmi Brasil adalah bahasa Portugis. Selain itu, Brasil juga sebagai penghasil kopi terbesar di dunia.

Sejarah

Brasil meraih kemerdekaannya dari Portugis pada 7 September 1822. Negara yang terletak di bagian tengah dan timur Amerika Selatan ini menjadi wilayah jajahan Portugis sejak 1494. Pada 1889, sistem pemerintahan Brasil berubah dari monarki menjadi republik.

Baca juga : Negara Kolombia

Iklim Brasil adalah tropis karena terletak di khatulistiwa dengan sedikit variasi. Di selatan, iklimnya lebih sedang, namun kadang mengalami salju. Curah hujan sangat tinggi di daerah Amazon sedangkan daerah yang lebih kering bisa ditemukan di daerah timur laut.

Kota-kota penting di Brasil antara lain Brasília, São Paulo dan Rio de Janeiro.

Sebagian besar wilayah Brasil berupa dataran tinggi dan pegunungan. Dataran tinggi paling luas adalah dataran tinggi Brasil (dibagian timur). Di sebelah timur terdapat pegunungan Brasil. Di bagian tengah terdapat dataran tinggi Mato Grosso dan bagian selatan terdapat dataran tinggi Panama.

Ekonomi

Brasil adalah ekonomi terbesar nasional di Amerika Latin, ekonomi delapan terbesar di dunia pada nilai tukar pasar dan terbesar ketujuh di paritas daya beli (PPP), menurut Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia.

Brasil memiliki ekonomi campuran dengan sumber daya alam yang melimpah. Setelah pertumbuhan yang cepat dalam beberapa dekade sebelumnya, negara memasuki resesi yang sedang berlangsung pada 2014 di tengah skandal korupsi politik dan protes nasional.

Related posts