Negara Andorra

Negara Andorra

daftarnegaradidunia.web.id – Negara Andorra, adalah negara yang ber Ibu kota di kota Andorra la Vella dan terletak di benua Eropa.

Sebuah kepangeranan kecil yang terletak di Eropa bagian barat daya, di timur bantaran Sungai Pirenea dan berbatasan dengan Prancis dan Spanyol. Negara mewah ini terkenal dengan sektor pariwisata dan status bebas cukai. Andorra merupakan sebagian dari negara-negara Katalan.

Letak Wilayah

Serasi dengan letaknya di jajaran pegunungan Pirenea timur, Andorra sebagian besar terdiri atas pegunungan yang tidak datar pada ketinggian rata-rata 1.996 m dengan yang tertingginya ialah Coma Pedrosa pada 2.946 m.

Dipotong oleh 3 lembah sempit dalam bentuk Y yang bergabung menjadi satu, sungai Valira, yang menuju Spanyol (pada titik terendah di Andorra, yakni 870 m).

Baca juga : Negara Aljazair

Sejarah

Jabatan maharaja di daerah itu diwariskan kepada pangeran Urgell lokal dan akhirnya kepada uskup dari keuskupan Urgell.

Pada abad ke-11, terjadi pertentangan antara uskup dan tetangganya di utara Prancis atas Andorra.

Pada 1278, konflik itu diselesaikan dengan penandatanganan parage, yang menegaskan bahwa kedaulatan Andorra dipegang antara pangeran Foix dari Prancis (yang akhirnya jabatannya diserahterimakan kepada kepala negara Prancis) dan uskup La Seu d’Urgell, di Katalonia, Spanyol.

Selama bertahun-tahun jabatan itu diwariskan kepada raja Navarre. Setalah Henrike dari Navarra menjadi Raja Henri IV dari Prancis, ia mengeluarkan dekrit (1607) yang memberikan kepala negara Prancis dan Uskup Urgell jabatan perangkap-pangeran Andorra.

Antara 1812–13, Kekaisaran Prancis menganeksasi Katalonia Spanyol dan membaginya menjadi 4 departemen.

Pada 1933 Prancis menuduki Andorra sebagai akibat dari kerusuhan sosial sebelum pemilihan.

Pada 12 Juli 1934, seorang penjelajah bernama Boris Skossyreff mengeluarkan proklamasi di Urgel, menyatakan dirinya sebagai Boris I, pangeran berdaulat dari Andorra, secara serentak menyatakan perang kepada uskup Urgel.

Diberikan isolasi relatifnya, Andorra telah berada di luar arus utama sejarah Eropa, dengan sedikit ikatan kepada negara-negara selain Prancis dan Spanyol.

Namun sekarang industri pariwisatanya yang berkembang pesat bersamaan dengan perkembangan dalam transportasi dan komunikasi telah memindahkan negara ini dari sistem isolasi dan politiknya dimodernisasikan pada 1993, tahun di mana negara ini menjadi anggota PBB.

Selama kurun waktu dua dekade terakhir gelombang migrasi orang afrika utara meningkat sampai 30% dari seluruh populasi yang ada, sehingga mengubah demografi yang ada.

Data – data

  • Ibu kota: Andorra la Vella
  • Bahasa resmi: Katalan
  • Mata uang : Euro (€)
  • Zona waktu: Waktu Eropa Tengah (UTC+1)
  • Lajur kemudi: kanan
  • Kode telepon: +376
  • Pemerintahan: Monarki konstitusional
    Presiden : Joan Enric Vives Sicília
    Perdana Menteri: Antoni Martí
  • PDB (nominal)
    – Total : $4.510 miliar
    – Per kapita: $53.383

Related posts