Negara Afganistan

Negara Afganistan

daftarnegaradidunia.web.id – Negara Afganistan, adalah negara yang ber Ibu kota di kota Kabul dan terletak di benua Asia.

Afganistan adalah republik Islam presidensial unitari, dengan Islam sebagai agama resmi negara. Afganistan adalah anggota dari PBB.

Letak Wilayah

Negara ini berbatasan dengan Pakistan di selatan dan timur, Iran di barat, Turkmenistan, Uzbekistan, Tajikistan di utara, dan Tiongkok jauh di timur laut. Wilayahnya meliputi 652.000 km² (252.000 sq mi), menjadikannya negara terbesar ke-41 di dunia.

Secara resmi Republik Islam Afganistan, adalah negara yang terkurung daratan yang terletak di Asia Selatan dan Asia Tengah. Memiliki penduduk sekitar 32 juta, menjadikannya negara paling padat penduduknya ke-42 di dunia.

Baca juga : Negara Bahama

Sejarah

Manusia sudah tinggal di Afganistan sejak Zaman Batu Tua (Paleolitik) Tengah. Lokasi strategis negara tersebut di sisi sepanjang jalur sutra telah menghubungkan Afganistan dengan budaya Timur Tengah and Asia bagian lain.

Pada akhir Abad ke-19, Afganistan menjadi negara penyangga di antara Kekaisaran Rusia dan Kemaharajaan Britania.

Setelah Perang Afganistan ke Tiga di 1919, Raja Amannullah mencoba untuk memodernisasi Afganistan, tapi gagal.

Afganistan menjadi negara yang damai pada waktu pemerintahan Zahir Syah selama empat puluh tahun. Pada tahun 1970an, serangkaian kudeta diikuti dengan serangkaian perang sipil menghancurkan sebagian besar Afganistan.

Kejadian-kejadian ini mulai ketika negara tersebut dijadikan negara sosialis di bawah pengaruh Uni Soviet selama Perang Soviet-Afganistan.

Setelah pasukan Soviet meninggalkan Afganistan, negara ini menjadi negara Islam karena Persetujuan Peshawar, namun sebagian besar wilayahnya telah dikuasai oleh kelompok supremasi Islam, Taliban, yang memerintah negara itu selama hampir lima tahun sebagai rezim totaliter.

Sejak Serangan 11 September 2001 di Amerika, saat Taliban dipaksa keluar dari Afganistan oleh koalisi yang dipimpin NATO, struktur politik Afganistan diganti dengan pemerintah pro-Barat yang dipilih melalui proses demokrasi.

Ekonomi

Ekonomi Afganistan berada di peringkat 108 di dunia dengan PDB sekitar $64.08 miliar.

Data-Data

  • Ibu kota : Kabul
  • Bahasa resmi : Pashtun dan Dari
  • Mata uang : Afgani(AFN)
  • Zona waktu : Waktu Afganistan (AFT) (UTC+4:30)
  • Lajur kemudi : kanan
  • Kode telepon : +93
  • Pemerintahan : Republik presidensial
    Presiden : Ashraf Ghani
    Eksekutif : Abdullah Abdullah
  • PDB (nominal) 2014
    – Total $20.312 miliar
    – Per kapita $649

Related posts