Luksemburg (Eropa Tengah)

Luksemburg (Eropa Tengah)

daftarnegaradidunia.web.id – Luksemburg (Eropa Tengah) adalah salah satu negara terkecil di Eropa yang berada di peringkat ke 167 dalam ukurannya di bandingan negara lainnya. Dengan Luas sekitar 2.586 km2.

Baca juga : Panama (Amerika Utara)

Luxembourg berbatasan dengan provinsi Luxembourg milik Belgia di sebelah barat, yang luasnya sebesar 4.443 km², hampir dua kali luas negara ini.

Di utara, bagian-bagian dari Ardennes, berbukit-bukit dan gunung-gunung dengan ketinggian rendah, dengan Buurgplaatz sebagai titik tertinggi pada 559 m. Bagian lain dari negara ini juga berbukit-bukit. Perbatasan timur Luxembourg dibentuk oleh tiga sungai, Moselle, Sauer/Sûre dan Our.

Ekonomi yang stabil, berpendapatan tinggi mencirikan pertumbuhan yang moderat, inflasi rendah, dan tingkat pengangguran yang rendah pula. Sektor industri, yang hingga belakangan ini didominasi oleh baja, kini semakin beranekaragam dan mencakup pula kimia, karet, dan produk-produk lainnya. Dalam beberapa dasawarsa terakhir, pertumbuhan dalam sektor finansial telah lebih dari menggantikan penurunan dalam baja. Sektor jasa, khususnya perbankan, menyumbangkan proporsi yang bertumbuh dari ekonomi. Agrikultur didasarkan pada pertanian kecil yang dimiliki keluarga-keluarga.

Luxemburg secara khusus mempunyai hubungan dagang dan finansial yang erat dengan Belgia dan Belanda, dan sebagai anggota Uni Eropa juga menikmati keuntungan-keuntungan dari pasar Eropa yang terbuka. Luxembourg memiliki PDB per kapita tertinggi di dunia, sebesar US$87.955 (2005). Tingkat pengangguran 4,4% dari seluruh angkatan kerja pada Juli 2005.

Baca juga : Kosta Rika (Amerika Utara)

Situasi bahasa di Luxemburg dicirikan oleh praktik dan pengakuan terhadap empat bahasa resmi: bahasa Prancis, Jerman, Belanda dan Luxemburg, sebuah bahasa Franconi dari wilayah Moselle yang mirip dengan bahasa Jerman.

Bahasa resemi disana adalah bahasa Jerman dan Prancis.

Sekitar 10% penduduknya adalah keturunan Portugis dan menuturkan bahasa Portugis.

Related posts