Kroasia (Eropa Tenggara)

Kroasia (Eropa Tenggara)

daftarnegaradidunia.web.id – Kroasia (Eropa Tenggara) atau Republika Hrvatska adalah negara yang wilayahnya berbentuk bulan sabit. Negara Kroasia melepaskan diri dan merdeka pada tahun 1991. Saat ini Kroasia merupakan kandidat dari anggota Uni Eropa.

Baca juga : Angola (Afrika Barat)

Kroasia adalah anggota dari PBB, yang Organisasi untuk Keamanan dan Co-operasi di Eropa, di Dewan Eropa dan merupakan non-anggota tetap dari Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk istilah 2008-2009. Negara ini juga calon untuk keanggotaan dari Uni Eropa dan calon anggota NATO. Kroasia diharapkan resmi bergabung NATO pada April 2009, sehingga kedua Republik Sosialis Federal Yugoslavia bangsa untuk bergabung dengan aliansi militer berikut Slovenia. Selain itu, Kroasia juga merupakan anggota dari Uni untuk Mediterania setelah didirikan pada 2008.

Sejarah

Di daerah yang kini telah dikenal dengan Kroasia sejak periode prasejah ini, telah dihuni sejak zaman Batu. Fosil Neandertal yang berasal dari zaman Paleolitik Pertengahan, telah ditemukan di bagian utara Kroasia, dengan situs yang terkenal dan terbaik di Krapina. Sisa-sisa beberapa budaya Neolitik dan Kalkolitik telah ditemukan di seluruh negeri. Proporsi terbesar dari situs ini adalah di lembah sungai Kroasia bagian utara, dan budaya yang paling signifikan terlihat adalah Starčevo, Vučedol dan Hvar. Peradaban Logam meninggalkan jejak dari peradaban awal budaya Halstatt (awal Illyrians) dan La Tène budaya (Celt).

Banyak kedua daerah itu dihuni oleh Liburnians dan Illyrians, dan koloni Yunani didirikan di pulau Vis (oleh Dionysius I dari Syracuse) dan Hvar.[4] 9 AD di wilayah yang sekarang Kroasia menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi. Kaisar Romawi Diocletian membangun besar istana dalam Split di mana ia pensiun dari politik dalam AD 305.[5] Selama abad terakhir 5. Kaisar Roma Julius Nepos kecil yang memerintah kerajaan Diocletian dari Istana sebelum dia meninggal di AD 480. Awal sejarah Kroasia berakhir dengan Avar invasi pada setengah dari abad 7. Dan pemusnahan di hampir seluruh kota Roma. Penduduk kota Roma melarikan diri ke arah kota-kota pesisir dan pulau-pulau, di mana dapat mengatur lebih baik dalam mempertahankan poin strategis. Kota Dubrovnik hari ini didirikan oleh orang-orang yang selamat dari Epidaurum.

wilayah

Kroasia dibagi menjadi 20 negara (zupanija) dan Zagreb adalah salah satu kota kabupaten terpopuler di sana

Baca juga :Luksemburg (Eropa Tengah)

Hukum

Kroasia memiliki tiga sistem peradilan berjenjang, yang terdiri dari Mahkamah Agung, County pengadilan, dan kota pengadilan. The Mahkamah Konstitusi peraturan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Konstitusi. Penegakan hukum di Kroasia adalah menjadi tanggung jawab polisi memaksa Kroasia, yang berada di bawah kontrol dari Kementerian negeri. Dalam beberapa tahun terakhir, kekuatan yang telah melakukan reformasi yang dengan bantuan dari lembaga internasional, termasuk Organisasi untuk Keamanan dan Co-operasi di Eropa sejak misinya ke Kroasia dimulai pada 18 April 1996

Related posts