Kosta Rika (Amerika Utara)

Kosta Rika

Kosta Rika (Amerika Utara) – Negara ini memiliki tingkat politik paling aman di kawasannya. Dibandingkan dengan negara-negara Amerika Latin lainnya, Kosta Rika unggul dalam pendapatan per kapita. negara terkecil kedua di Amerika Tengah yang berbatasan dengan Nikaragua di sebelah utara, Panama di selatan-tenggara, Samudra Pasifik di barat dan selatan, dan Laut Karibia di timur. Kosta Rika merupakan negara pengonsumsi gula terbanyak di dunia. Tahun 1980, konsumsi rata-rata per jiwa lebih dari 65 kg yang berarti tiap orang makan 1,7 ons gula per hari. Hasil utama negara yang wilayahnya 51.100 km² ini ialah kopi.

Perang Saudara Kosta Rika

merupakan peristiwa paling banyak menumpahkan darah dalam sejarah Kosta Rika pada abad ke-20. Peristiwa ini berlangsung selama 44 hari (sejak 12 Maret hingga 24 April 1948) yang mana lebih kurang mencapai 2.000 orang diyakini telah meninggal dunia. Perang saudara ini melibatkan tentara pembebasan nasional yang melakukan pemberontakan terhadap pemerintahan Kosta Rika saat itu. Perang saudara ini dipicu oleh dugaan dari pihak dewan pembuatan undang-undang yang memihak pemerintah Kosta Rika terhadap berbagai hasil dari pemilihan kepala negara di Kosta Rika sejak bulan Februari 1948 selepas unggulnya seseorang dari pihak penentang pemerintah yaitu Otilio Ulate Blanco.

Baca Juga :

Dewan legislatif mulai menuding bahwa pihak penentang pemerintah telah melakukan ketidakjujuran atas pemilihan umum tersebut. Sejak saat itu, tentara pemberontak yang menerima titah mandat dari José Figueres Ferrer mulai berupaya menggulingkan pemerintahan kepala negara Kosta Rika saat itu yaitu Teodoro Picado Michalski. Tak ayal, pemerintahan tersebut bisa diganyang dengan begitu cergasnya. Kemudian, pemilihan umum yang baru mulai diselenggarakan lagi oleh José Figueres sejak bulan Desember 1948 dan dirinya secara resmi dilantik selaku kepala negara Kosta Rika.

Berdirinya perang saudara ini pun menggenjot José Figueres untuk menetapkan pembekuan ketentaraan Kosta Rika sejak tahun berikutnya supaya tidak ada satupun gubernur yang kelak mencoba mendayagunakan tentara di tempat mana saja.

Related posts