Jamaika (Amerika Utara)

Jamaika

Jamaika (Amerika Utara) – Jamaika berada pada urutan pulau terbesar setelah Kuba dan Hispaniola di Laut Karibia, Amerika Tengah dan menjadi negara penghasil bauksit terbesar di dunia. Dalam urutan dunia lainnya negara ini masih tergolong pada kelas menengah ke bawah.

Negara-negara tetangganya ialah Kuba, Haiti, Dominika, yang terletak di sebelah utara, sedangkan Honduras, Nikaragua, Kosta Rika, dan Panama terletak di selatan. Luas wilayahnya kurang lebih sebesar Pulau Bangka.

Politik

Saat ini, Jamaika menganut draf Konstitusi tahun 1962 oleh berbagai gabungan komite legislatur Jamaika. Itu dimulai setelah Jamaika meraih kemerdekaan. Dengan Jamaica Independence Act 1962, Parlemen Inggris mengakui kemerdekaan politik Jamaika.

Di Jamaika, kepala negara adalah Ratu Elizabeth II yang tampil sebagai Ratu Jamaika. Kehadiran ratu direpresentasikan oleh seorang Gubernur Jenderal yang dinominasikan oleh perdana menteri dan kerajaan. Secara bergilir, ratu dan gubernur jenderal tampil sebagai pejabat seremonial.

Sistem Parlemen Jamaika adalah bikameral, antara Dewan Perwakilan Rakyat (House of Representatives) dan Senat. Anggota dewan (dikenal dengan Members of Parliament atau MPs) dipilih. Seorang pimpinan dewan berasal dari perdana menteri. Senator bersama perdana menteri yang berasal dari pimpinan oposisi.

Baca Juga :

Perdana Menteri Jamaika Portia Simpson-Miller menjabat sejak akhir Maret 2006, menggantikan P. J. Patterson. Saat ini, pimpinan oposisi adalah Bruce Golding. Jamaika constitution requires the Prime Minister to call the next general election by October 2007.

Tradisi Jamaika terjadi ada dua sistem partai yang tampil memengaruhi politik negara, yaitu Partai Rakyat Nasional (People’s National Party) dan Partai Buruh Jamaika (Jamaica Labour Party). Secara penuh, Jamaika telah masuk sebagai anggota Caribbean Community (CARICOM).

Related posts