Ethiopia (Benua Afrika Timur)

ethiopia-daftarnegaradidunia-02

Etiopia mempunyai salah satu sejarah terlengkap sebagai negara merdeka di benua tersebut. Merupakan negara tertua di dunia, kawasan Etiopia juga merupakan salah satu tempat peradaban yang terawal di dunia. Pemerintahan Etiopia pertama dibentuk sekitar tahun 980 SM dan menerima agama Kristen pada abad ke-4 M.

Negara ini cukup unik jika dibandingkan dengan negara-negara Afrika lainnya karena tidak pernah dijajah selama masa Perebutan Afrika dan terus merdeka hingga tahun 1936 saat pasukan Italia menguasai negara tersebut. Pasukan-pasukan Britania Raya dan Etiopia mengalahkan tentara Italia pada 1941 dan Etiopia memperoleh kembali kedaulatannya setelah menanda tangani Perjanjian Britania-Etiopia pada Desember 1944. Etiopia dulu pernah bernama Abisinia.

ethiopia-daftarnegaradidunia-01

Hidup terasa sangat sulit bagi sebagian besar orang di Ethiopia. Untuk bercocok tanam di sepetak kecil tanah saja, mereka harus bekerja keras dari pagi sampai petang, tujuh hari dalam seminggu. Kebanyakan orang Ethiopia tinggal di wilayah pedesaan dan mencari nafkah sebagai petani atau penggembala ternak. Rumah khas desa terbuat dari lumpur, dengan atap jerami dan lantai tanah.

Anak-anak Ethiopia harus mempelajari dua bahasa, yaitu bahasa sukunya dan bahasa resmi negaranya, yaitu bahasa Amharik. Mereka juga harus menguasai bahasa Inggris dengan baik sejak sekolah SMP. Dari usia 12 ke atas, seluruh pelajaran sekolah disampaikan dengan bahasa Inggris.

 

Related posts