Daftar Tradisi Unik Merayakan Tahun Baru di Dunia

2

Daftar Tradisi Unik Merayakan Tahun Baru di Dunia – Dalam menyambut tahun baru pastinya kita berkumpul bersama keluarga bahkan orang tersayang untuk merayakannya. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan di acara tahun baru ermasuk sebuah tradisi. Berikut adalah beberapa tradisi terunik dalam merayakan tahun baru di berbagai dunia

1. Spanyol
Las doce uvas de la buena suerte merupakan suatu istilah di Spanyol yang berarti 12 anggur keberuntungan. 12 detik sebelum jam 12 malam, masyarakat Spanyol akan memakan satu buah anggur untuk setiap dentang waktu yang berbunyi. 12 anggur ini juga mewakili keberuntungan pada setiap bulan ditahun yang akan datang. Tradisi ini menjadi tradisi unik Spanyol setiap tahunnya.

2. Jepang
Tradisi unik untuk menyambut tahun baru di Jepang yaitu membunyikan lonceng sebanyak 108 kali. Umumnya di beberapa negara sebelum jam menunjukkan jam 12 malam, jam atau bel terbesar akan mulai berdentang setiap detik atau hitungan mundur selama 12 kali hingga pukul 12 malam. Namun berbeda dengan Jepang, bel atau lonceng di kuil Jepang akan dibunyikan sebanyak 108 kali sesuai dengan kepercayaan Buddha di Jepang bahwa hal itu akan mengusir kejahatan dan dosa manusia. Uniknya lagi, orang-orang Jepang dengan kepercayaan tinggi saat di kuil akan menggunakan kostum yang melambangkan shio untuk tahun mendatang.

3. Chile
Saat perayaan malam tahun baru, para keluarga di Chile akan merayakan tahun baru bersama dengan anggota keluarga mereka yang telah meninggal dunia. Mereka akan mendekorasi makam dengan berbagai benda seperti lilin. Para anggota keluarga lalu mengelilingi makam tersebut.
Hal ini berdasarkan kepercayaan bahwa orang tercinta di setiap keluarga akan menunggu mereka di pemakaman dan memulai tahun baru bersama mereka. Dimulai sejak tahun 1995 oleh sebuah keluarga yang melompati pagar pemakaman di tahun baru, hingga sekarang tradisi ini diikuti oleh banyak orang setempat, tepatnya di Talca, yaitu kota kecil di Chile.

4. Roma, Italia
Udara dingin tak menyurutkan niat sekelompok orang untuk memeriahkan tradisi perayaan pergantian tahun. Orang-orang bergantian melompat dari jembatan Cavour dan menceburkan diri di sungai Tiber.

Baca Juga : Australia Uji Coba Vaksin Covid-19 yang Disuntikkan Tanpa Jarum

5. Rusia
Penduduk kota ini memiliki sebuah tradisi unik dalam perayaan tahun baru dengan menulis harapan di selembar kertas kecil kemudian membakar dan menaruhnya digelas. Setelah itu diminum bersama dengan minuman beralkohol.

6. Denmark
Warga Denmark mempunyai kebiasaan merayakan tahun baru dengan cara memecahkan piring. Mereka melakukan itu dengan melemparkan piring-piring dirumah tetangga mereka. Diyakini jika rumah yang paling banyak dilempari piring adalah orang yang mempunyai banyak teman dan disukai banyak orang.

7. Skotlandia
Setiap tanggal 31 Desember Skotlandia mengadakan festival tahun baru yaitu festival Hogmanay. Biasanya lelaki dewasa yang banyak jadi pesertanya. Mereka berparade lewat jalan-jalan sambil memegang bola-bola api. Saat malam tahun baru jalanan kota di Skotlandia dipenuhi panorama bola-bola api. Festival ini adalah kebiasaan turun-temurun. Mereka yakin bola-bola api itu juga sebagai simbol pemurnian dan pengharapan pada kembalinya matahari agar musim dingin dingin cepat berlalu.

8. Ecuador
Ecuador merayakan tahun baru-nya dengan api. Api dipakai untuk membakar orang-orangan sawah yang umumnya terbuat dari kumpulan kertas serta bilah-bilah kayu. Pembakaran dikerjakan tengah malam tepat pukul 00.00 waktu perubahan tahun. Mereka yakin dengan membakar orang-orangan sawah maka kejelekan sepanjang tahun yang telah dilalui juga terbakar. Orang-orangan sawah itu juga dipercayai membuat tahun yang baru dapat membawa keberuntungan serta kebahagiaan.

Related posts