Daftar Negara dengan Hutan Terluas

Daftar Negara dengan Hutan Terluas

Daftar Negara dengan Hutan Terluas – Ada banyak negara di dunia ini yang memiliki kekayaan yang bahkan tidak dapat dihitung. Salah satu jenis kekayaan yang ada di setiap negara adalah hutan. Hutan merupakan salah satu penyumbang oksigen terbesar di dunia. Hutan merupakan suatu kawasan yang dipenuhi dengan pohon-pohon serta tumbuhan lainnya. Terdapat pula berbagai hewan yang hidup di suatu kawasan hutan.

Sejauh ini, terdapat beberapa negara yang memiliki hutan yang sangat luas. Pastinya hal tersebut merupakan sebuah keuntungan tersendiri bagi negara tersebut. Berikut beberapa negara dengan hutan terbesar di dunia.

1. Rusia
Rusia merupakan salah satu negara terluas di dunia. Selain itu, ternyata Rusia juga merupakan negara dengan hutan terluas di dunia. Luas hutan yang ada di negara tersebut mencapai 8.149.300 kilometer persegi.

Dengan luas tersebut, dapat dikatakan bahwa 49,4 persen dari seluruh wilayah Rusia ialah hutan. Hutan yang ada di Rusia membentang di sepanjang Benua Eropa dan Asia. Sayangnya, saat ini Rusia memiliki sebuah permasalahan yang cukup serius terkait hutan, yaitu penebangan hutan ilegal yang kerap terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

2. Brasil
Pastinya kamu sudah tak asing lagi dengan hutan yang bernama Hutan Amazon. Sebagian dari Hutan Amazon terletak di negara Brasil. Total luas hutan yang ada di Brasil mencapai 5.173.689 kilometer persegi.

Artinya, sekitar 61,9 persen dari total luas wilayah Brasil ternyata berbentuk hutan. Dengan hal tersebut, Brasil merupakan negara dengan persentase hutan tertinggi di dunia. Meskipun begitu, luas hutan yang dimiliki Brasil masih kalah dengan luas hutan yang dimiliki Rusia.

3. Kanada
Kanada merupakan sebuah negara maju yang terletak di sebelah utara negara Amerika Serikat. Negara tersebut memiliki luas 9.984.670 kilometer persegi. Dari luas tersebut, terdapat 4.916.438 kilometer persegi wilayah yang merupakan hutan.

Jika dipersentasekan, luas hutan yang ada di Kanada mencapai 34,1 persen dari seluruh luas wilayah negara tersebut. Beberapa hutan yang terkenal di Kanada ialah Fundy National Park, Cape Breton Highlands National Park, hingga Cathredal Grove.

Baca Juga : Daftar Negara dengan Utang Terbesar di Dunia

4. Amerika Serikat
Meskipun merupakan salah satu negara termaju di dunia saat ini, Amerika Serikat masih mempunyai hutan yang sangat luas. Luas hutan yang ada di negeri Paman Sam itu mencapai 3.100.950 kilometer persegi. Artinya, sekitar 33,84 persen wilayah yang ada di Amerika Serikat berupa hutan.

Meskipun begitu, Amerika Serikat pastinya juga mengalami deforestasi yang cukup besar dalam beberapa dekade terakhir. Hal tersebut tak lepas dari semakin meningkatnya kebutuhan pemukiman ataupun bahan produksi untuk industri.

5. Tiongkok
Satu lagi negara yang mempunyai luas hutan yang besar ialah Tiongkok. Dari wilayahnya yang seluas 9.596.960 kilometer persegi, terdapat 2,2 juta kilometer persegi hutan yang ada Tiongkok. Artinya, terdapat sekitar 22,96 persen hutan dari seluruh luas area negara tersebut.

Di saat beberapa negara mengalami deforestasi atau penurunan luas wilayah hutan, Tiongkok justru mengalami perluasan wilayah hutan. Luas hutan yang ada di Tiongkok jauh lebih besar daripada pada tahun 1990-an yang persentasenya hanya mencapai 15,74 persen.

Related posts