7 Negara Paling Panas Di Dunia

7-Negara-Paling-Panas-Di-Dunia

daftarnegaradidunia Salah satu faktor yang menentukan kenyamanan dalam menjalani hidup adalah faktor cuaca. Salah satu hal yang sering dikeluhkan tentang cuaca adalah mengenai panasnya cuaca di sekitar tempat tinggal. Hidup di daerah dengan cuaca panas tentunya sangat terasa tidak nyaman.

Wikipedia telah merilis dalam website-nya mengenai peringkat negara-negara terpanas berdasarkan rata-rata suhu tahunan. Lantas, negara-negara mana yang termasuk dalam 7 nega terpanas di dunia? Langsung saja, inilah 7 negara paling panas di dunia.

1. Burkina Faso

Negara dengan urutan pertama terpanas di dunia jatuh kepada Negara Burkina Faso. Negara ini memiliki rata-rata suhu tahunan sebesar 28,250C. Negara yang berada di Afrika Barat ini tidak hanya menjadi negara yang terpanas di dunia, namun juga termasuk dalam salah satu negara termiskin di dunia. Tanah di negara ini sangatlah tandus sehingga sektor pertanian hanya mampu menyumbang PDB sebesar 32%.

2. Mali

Negara terpanas kedua di dunia adalah Negara Mali. Negara Mali memiliki rata-rata suhu tahunan sama dengan Negara Burkina Faso, yaitu sebesar 28,250C. Negara ini juga berada di benua yang sama dengan Burkina Faso, yaitu di Afrika Barat. Negara ini meurpakan negara bekas jajahan Prancis dan merupakan negara terbesar kedua di Afrika Barat.

3. Kiribati

Negara selanjutnya adalah Negara Kiribati. Negara ini memiliki rata-rata suhu tahunan yang terpaut tipis dengan dua negara sebelumnya. Kiribati memiliki rata-rata suhu tahunan sebesar 28,200C. Jika dua negara sebelumnya berada di Benua Afrika, lain halnya dengan negara ini. Kiribati merupakan negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik. Sebanyak 33 pulau koral dari negara ini tersebar sepanjang 3,5 juta km di dekar garis khatulistiwa. Tidak mengherankan jika negara ini memiliki suhu yang panas.

4. Djibouti

Negara terpanas selanjutnya adalah Negara Djibouti. Negara ini memiliki rata-rata suhu tahunan sebesar 280C. Nilai tersebut tidak berbeda jauh dengan negara sebelumnya, Negara Kiribati. Setelah negara sebelumnya berada di Samudera Pasifik, negara kali ini berada di Benua Afrika Timur. Djibouti terletak di Teluk Aden, yaitu pintu masuk Laut Tengah. Negara yang dibagi menjadi 6 wilayah administratif ini juga merupakan tetangga dari negara Ethiopia.

Baca Juga : 6 NEGARA BERSALJU BEBAS VISA UNTUK ORANG INDONESIA

5. Tuvalu

Negara selanjutnya adalah Negara Tuvalu. Tuvalu memiliki rata-rata suhu tahunan yang sama dengan Negara Djibouti, yaitu sebesar 280C. Negara ini berada di wilayah yang sama dengan Negara Kiribati, yaitu di wilayah Samudera Pasifik. Negara ini merupakan negara kepulauan yang berad di antara Australia dan Hawaii.

6. Senegal

Negara terpanas selanjutnya adalah Negara Senegal. Negara Senegal memiliki rata-rata suhu tahunan sebesar 27,850C. Negara Senegal terletak di Benua Afrika Barat. Negara ini berbatasan dengan Samudera Atlantik, dan juga dengan negara terpanas lain, yaitu Negara Mali. Negara ini memiliki tradisi unik, yaitu tradisi mendongeng yang sudah terkenal di Afrika Barat.

7. Mauritania

Mauritania memiliki rata-rata suhu tahunan sebesar 27,650C. Suhu tersebut terpaut sangat tipis dengan negara sebelumnya, Negara Senegal. Negara Mauritania merupakan negara yang beradai di Afrika Utara Barat. Negara ini juga berbatasan dengan Samudera Atlantik. Selain itu, negara ini juga merupakan negara terbesar kesebelas di Afrika. Sekitar 90% lahan dari negara ini berada di wilayah Sahara Dalam. Hal ini merupakan salah satu faktor penunjang negara ini memiliki suhu yang sangat panas.

Itulah penjelasan mengenai 7 negara terpanas di dunia. Jika ditinjau lebih dalam, negara-negara terpanas di dunia mayoritas terletak di wilayah Afrika. Selain itu, negara-negara terpanas di dunia juga merupakan negara berbentuk kepulauan yang terletak di tengah samudera.

Related posts