6 Negara dengan Garis Pantai Terpanjang

daftarnegaradidunia – Berikut ulasan dari 6 negara dengan garis pantai terpanjang. Mari simak artikel berikut.

Yang mempertemukan daratan dengan lautan pada saat pasang disebut garis pantai. Garis pantai di sebuah negara biasa diukur mengelilingi  pantai yang ada di kawasan tersebut. Garis pantai posisinya dapat berubah-ubah tergantung faktor alam seperti abrasi dari pantai dan karena aktivitas manusia sendiri yang dapat merubah posisi dari garis pantai tersebut.

Lalu negara mana yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia? Berikut daftarnya!

1. Kanada

Selain terkenal akan keindahan alamnya, Kanada ternyata juga memiliki garis pantai yang terpanjang di dunia. Panjang garis pantainya mencapai 202.800 kilometer. Walaupun begitu banyak wilayah pantainya yang merupakan tundra es, sehingga kurang populer untuk dijadikan tempat wisata. Negara ini juga tercatat memiliki cadangan minyak terbesar kedua di dunia setelah Arab Saudi.

Canada

2. Indonesia

Dengan panjang garis pantai yang mencapai 54.716 kilometer, membuat negara kita menempati posisi dua. Indonesia sendiri yang dikenal sebagai negara kepulauan memiliki banyak pantai-pantai eksotis yang populer di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara, salah satu yang paling terkenal yaitu Pantai Kuta yang terletak di pulau Bali.

Indonesia

3. Denmark

Negara yang terletak di Eropa Utara ini merupakan negara Nordik terkecil dan terletak paling utara. Denmark menempati urutan ke-3 dengan panjang garis pantai mencapai 44.087 kilometer. Pantai-pantai di sepanjang Danish Riviera menjadi salah satu primadona bagi wisatawan yang berkunjung ke Denmark. Denmark juga tercatat sebagai salah satu negara yang paling bahagia di dunia dengan warganya yang suka minum kopi.

Baca Juga : Negara Dengan Pembunuhan Terbanyak Dan Tersadis Di Dunia

Denmark

4. Rusia

Salah satu pantai yang terkenal di Rusia yaitu Ussuri Bay yang dihiasi pecahan kaca. Negara yang saat ini dipimpin oleh presiden Vladimir Putin ini mempunyai garis pantai sepanjang 37.653 kilometer. Namun jika bicara luas wilayah, Rusia adalah juaranya. Dengan luas wilayah yang mencapai 17 juta kilometer persegi bahkan lebih luas dari Pluto yang hanya 16,6 juta kilometer persegi.

5. Filipina

Negara tetangga Indonesia di Asia tenggara ini juga masuk ke dalam daftar, Filipina memiliki panjang garis pantai 36.289 kilometer. Sama seperti negara kita, Filipina juga merupakan negara kepulauan. Salah satu tempat wisata yang terbaik yaitu Boracay Island. Terdapat fakta unik dari negara ini yaitu Filipina menjadi satu-satunya negara yang benderanya akan dikibarkan terbalik dalam kondisi perang.

Filipina

6. Jepang

Negara yang mempunyai julukan Negeri Matahari Terbit ini terletak di kawasan Asia Timur. Jepang sendiri mempunyai garis pantai sepanjang 29.751 kilometer. Banyak pantai yang bisa dikunjungi wisatawan ketika berlibur ke Jepang, salah satunya yaitu Pantai Sunayama yang terletak di Miyakojima, Okinawa.

Jepang

Itulah 6 negara yang mempunyai garis pantai terpanjang di dunia. Semoga informasi tadi bisa menambah wawasan serta pengetahuan kamu, ya.

 

 

Related posts